Senin, 19 Oktober 2020

(Tugas) Abstraksi dan Modulasi dari Smart TV Box

    Smart TV Box adalah sebuah device yang dapat menjadikan fungsi dari TV biasa mirip seperti sebuah Smart TV. Langkah-langkah untuk mengetahui kelas dan objek apa saja yang dipakai dalam membuat Smart TV Box adalah dengan membuat abstraksi lalu menentukan kelas dari abstraksi tersebut.

Abstraksi

a. Sumber dan Gambar

    => Video Youtube: Video Mi Box Android TV

    => Gambar






b. Narasi

Smart TV Box (Xiaomi Mi Box Android TV) adalah device yang dapat dihubungkan dengan TV biasa agar dapat berfungsi seperti Smart TV dengan OS Android. Mi Box dihungkan dengan power adapter yang berfungsi sekaligus sebagai charger. Mi Box dihubungkan dengan TV menggunakan kabel HDMI. Terdapat Remote yang dapat digunakan oleh pengguna. Setelah terhubung sama seperti saat HP baru, akan ditampilkan pada layar TV untuk melakukan set-up petama kali. Pengguna memilih bahasa yang akan digunakan dan dapat memilih untuk menghubungkan device android melalui akun Google atau tidak jika tidak punya android device. Android device yang telah terhubung juga dapat digunakan sebagai remote dengan set-up di device androidnya lalu memasukkan kode akses yang tampil pada layar TV. Mi Box Android TV dapat digunakan untuk streaming, mendengarkan musik, mendownload aplikasi, serta bermain game dimana gamepad juga dapat dihubungkan pada Mi Box Android TV. Mi Box Android TV terdapat bagian setting yang dapat mengatur bahasa dan lain-lain. Mi Box Android TV juga bisa digunakan untuk browsing berita terbaru. Tedapat fitur GoogleCast untuk melakukan mirror screen android device pada layar TV sehingga tampilannya lebih besar.

Modulasi

Berdasarkan narasi dapat diketahui bahwa segala proses akan berada di Smart TV Box tersebut dimana TV yang terhubung hanya akan bekerja sebagai layar penampil. Input yang diberikan juga bisa berasal dari Remote Bluetooth atau Remote Android. Berdasarkan gambar dan narasi dapat ditarik beberapa kelas, yaitu:
a. SmatTVBox (Main Class)
b. Aplikasi
c. Settings
d. GoogleCast
e. Date_Time
f. PlayBack

Berdasarkan garis besar kelas-kelas di atas juga dapat dipecah menjadi beberapa kelas lagi. Kuran lebih kelas-kelas yang ada adalah sebagai berikut.


SmartTVBox berfungsi sebai Main Class yang mengatur proses dari input yang diberikan serta tampilan apa saja yang akan tampil di layar TV. Kelas HomeScreen adalah kelas yang nantinya akan menampilkan halaman beranda yang bisa berisi gabungan dari kelas lain.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.


~Fe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar